Cara Mudah Membuat Website Statis Gratis dengan Memanfaatkan Github Pages - aulianza blog
Update Terbaru
Loading...

Sabtu, 27 Mei 2017

Cara Mudah Membuat Website Statis Gratis dengan Memanfaatkan Github Pages


Dalam tulisan kali ini saya akan membahas Cara Mudah Membuat Website Statis namun saya membatasi pembahasan hanya dalam cakupan pengembangan website statis. Statis disini maksudnya konten tidak dapat diupdate secara realtime melalui halaman panel admin seperti halnya pada penggunaan Content Management System (CMS). Selain itu website statis bersifat satu arah, yakni menginformasikan sesuatu ke pengunjung, tidak memiliki fitur untuk dapat menerima feedback dari pengunjung kecuali dengan menggunakan fasilitas dari pihak ketiga. Untuk itu diperlukan setidaknya skill atau pemahaman terhadap HTML untuk dapat mengetahui bagaimana dan di bagian mana harus memasang dan memperbaharui konten di dalam file HTML. Meski demikian, model pembangunan website seperti ini masih banyak dijumpai dan masih terbilang dapat diterima karena ada beberapa kebutuhan website yang tidak memerlukan fitur managemen konten dinamis. Contohnya seperti website landing page, profil perusahaan, atau halaman promosi yang tidak memiliki intensitas update konten yang tinggi.

Sederhananya, ada minimal 4 langkah inti yang harus disiapkan untuk membangun sebuah website, diantaranya:

  • Menyiapkan template
  • Menyiapkan konten
  • Mengunggah website ke hosting
  • Mengatur domain

Ada banyak sub-langkah pada poin di atas, tapi saya akan menyederhakan pembahasan dengan target "bagaimana cara membuat website gratis". Saya akan tetap jelaskan apa saja kekurangan oleh sebab kegratisan ini. Meski demikian hasil akhir dari website gratis ini masih dapat diterima sebagai sebuah website yang potensial (dapat menghasilkan sesuatu sesuai tujuan pembangunan website) dan berfungsi sebagaimana website pada umumnya.

Oke langsung saja, berikut langkah-langkah nya:

  1. Buat repositori


    Pergilah ke GitHub dan buat repositori baru bernama username .github.io, di mana nama pengguna adalah nama pengguna kamu (atau nama organisasi) di GitHub.

    Jika bagian pertama dari repositori tidak sesuai dengan nama pengguna kamu, maka pastikan tidak melakukannya dengan benar.

  2. Kloning repositori


    Jika kamu pengguna Windows, silahkan download dan install GitHub untuk Windows, kemudian jalankan aplikasinya. Klik tombol "Atur di Desktop". Saat aplikasi desktop GitHub terbuka, simpan proyek.

  3. Buat file indeks

    Ambil editor teks favorit Anda dan tambahkan file index.html ke proyek kamu

  4. Komit & sinkronkan


    Masukkan repositori, lakukan perubahan Anda, dan tekan tombol sync.

  5. selesai!

    Jalankan browser dan buka http: // username .github.io .

Bagikan artikel ini

1 komentar

  1. Selamat Siang,
    Saya Ayoni ingin bekerjasama dengan Anda untuk membuat artikel revew DomaiNesia
    Jika berkenan, boleh di informasikan rate harganya ke email ayoni@domainesia.com untuk kami pertimbangkan.
    Terimakasih

    BalasHapus

Informasi
Selamat datang di aulianza blog!.
Tutup